UTS - SIM PENDIDIKAN 2023

 

UTS

SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Jawaban ini ditulis untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Pendidikan

 



Oleh:

Mohammad Ubaidillah

NIM: 20201271200702

 

Dosen Pengampu :

Muh. Haris., M. Pd. I

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT

LAMONGAN

2023



 

1.     Bagaimana Pemahaman Anda Terhadap  Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan?

Mata kuliah sistem informasi manajemen pendidikan mempelajari tentang serangkaian cara publikasi informasi bersifat edukatif didalamnya. Mata kuliah ini diterima oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam saat semester 5, dimana saat ini mahasiswa disuruh untuk mempublis beberapa tugas-tugas ke aplikasi blogger dalam bentuk makalah maupun jurnal. Kita akan bisa memahami bagaimana sistem informasi dalam dunia pendidikan yang baik dan benar dengan sering berdiskusi terkait isu-isu pendidikan yang banyak di perbincangkan publik. Dan dari sini kita juga mengatisipasi beberapa berita-berita yang bersifat hoax agar tidak di konsumsi secara langsung oleh mahasiswa, penyaringan informasi ini bertujuan baik dan membantu pihak instansi baik di rana media sosial maupun citra baik intansi agar kedepan bisa lebih baik lagi sesuai dengan visi-misi instansi.

Mahasiswa di program studi manajemen pendidikan islam juga mendapatkan bimbingan langsung dari dosen pengajar agar bisa mengembangkan intelektual di rana IT yang sesuai dengan pedoman penulisan instansi. Terkadang mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam penulisan di beberapa blog maupun jurnal. Latar belakang dan lingkungan beberapa mahasiswa juga mempengaruhi pola pikir dari mahasiswa tersebut, tapi disini peran teman sebaya dan dosen juga sangat berperan penting untuk meningkatkan skill maupun soft skill yang ada dalam diri mahasiswa. Dan untuk menciptakan suatu karya tulis ilmiah yang baik juga ada beberapa langkah yang harus dilalui oleh mahasiswa. Antara lain: mahasiswa dituntut untuk menumbuhkan nalar literasi atau membaca, mahasiswa dituntut untuk menumbuhkan nalar kritis dari beberapa literatur yang ada untuk dijadikan bahan referensi yang mana nantinya dijadikan bahan-bahan tertulis dalam suatu karya tulis ilmiah.

Disini juga muncul beberapa pertanyaan yang terbesit di dalam benak mahasiswa. Apakah dosen yang tidak terlalu memberikan pemahaman tentang mata kuliah lantas beliau memberikan tugas-tugas yang bisa dikatakan sulit oleh beberapa mahasiswa? Pertanyaan yang begitu menggelitik, tapi itulah realita yang terjadi di perkuliahan semester 5. Dimana sang dosen jarang memberikan pemahaman terkait mata kuliah yang diajar dengan metode yang sudah tertulis dalam pedoman mahasiswa, tapi malah seenaknya saja, dengan alasan beliau sibuk dengan keadaan pribadinya. Peran dosen mata kuliah sistem informasi manajemen pendidikan agar bisa memberikan karya yang baik bagi pribadi, instansi dan lingkungannya.

Menurut saya terkait pemahaman dari mata kuliah sistem informasi manajemen Pendidikan tidak terlalu eksplisit dan juga tidak terrlalu paham dikarenakan peran dari dosen yang saya anggap kurang dari proses belajar mengajar yang ada di dalam kelas, dan disinilah letak problem yang dialami oleh beberapa mahasiswa program studi manajemen Pendidikan islam. Tapi apakah kita sebagai mehasiswa harus diam dan ikut semua dari intruksi-intruksi yang disampaikan secara lisan maupun tertulis? Sedangkan mahasiswa juga memiliki hak atas mendapatkan peahaman dari mata kuliah sistem informasi manajemen Pendidikan yang ada dalam semester 5 ini. Solusi agar bisa mengembangkan kelas yang baik di mata kuliah sistem informasi manajemen Pendidikan, yakni dengan proaktif antara dosen dan mahasiswa yang nantinya menjadikan kultur yang baik di hubungan social. Dan juga nantinya bisa Bersama-sama mengembangkan pengetahuan di media social masing-masing.

Tidak lupa ucapan terima kasih kepada dosen mata kuliah sistem informasi Pendidikan yang sudah memberikan sedikit tidak banyak dari bagaimana sistem informasi Pendidikan yang sesuai dengan pemikiran dan sesuai keinginannya.

2.     Jika Anda Sebagai Pemimpin Lembaga, Bagaimana Implementasi dan Evaluasi yang Akan Anda Lakukan Sesuai dengan Materi Perkuliahan yang Anda Pilih?

Jika saya menjadi pimpinan dalam Lembaga sedangkan didalamnya ada suatu proses iplementasi dari proses evaluasi program kerja dari masing-masing stakeholder yang ada di Lembaga tersebut. Seorang pemimpin menjadi figure dimana bagaimana pemimpin mengkondisikan anggota-anggotanya agar bisa sesuai dengan standar operasional personal yang sudah disepakati dari hasil rapat dengan beberapa stakeholder yang ada. Proses evaluasi terkadang ada beberapa waku untuk mengevaluasi dari program kerja yang dialukan stakeholder Lembaga Pendidikan. Gaya kepemimpinan juga sangat bisa mempengaruhi bagaiamana anggota tersebut berperilaku di dalam Lembaga Pendidikan.

Evaluasi Lembaga Pendidikan yang dilakukan pemimpin bisa bervariasi tergantung yang mana akan dievaluasi mulai dari 8 standar nasional Pendidikan. Dan pemimpin juga harus punya strategi sendiri yang sesuai dengan lingkungan yang ada di Lembaga Pendidikan yang nantinya bisa dilalui dengan mudah dan bisa mencapai tujuan Bersama. Dari soal yang tertera pemimpin harus menerapkan cara yang bagaimana dan harus sesuai dengan pengalaman dari kuliah pemimpin.

Disini saya mengambil tentang kepemimpinan Pendidikan. Sebelum kita melangkah pengampilan keputusan yang ditetapkan untuk kebijakan, pemimpin seharusnya menganalisis keadaan sekitar terutama kepada stakeholder-stakeholder Lembaga Pendidikan. Lalu munculkan kebijakan yang sesuai dan lakukan controlling atau pengawasan dan bimbingan kepada stakeholder. Barulah akhir-akhir diadakan evaluasi yang sesuai dengan tupoksi masing-masing, bertujuan untuk memperbaiki kinerja dari stakeholder Lembaga Pendidikan yang sudah berjalan dan bisa mencapai tujuan dari lembaga tersebut.

 

 

Komentar