UTS - SIM PENDIDIKAN 2023
UTS
SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Jawaban ini ditulis untuk memenuhi tugas dari mata
kuliah Sistem Informasi Pendidikan
Oleh:
Mohammad
Ubaidillah
NIM:
20201271200702
Dosen
Pengampu :
Muh. Haris., M. Pd. I
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT
LAMONGAN
2023
1. Bagaimana Pemahaman
Anda Terhadap Mata Kuliah Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan?
Mata kuliah sistem informasi
manajemen pendidikan mempelajari tentang serangkaian cara publikasi informasi
bersifat edukatif didalamnya. Mata kuliah ini diterima oleh mahasiswa Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam saat semester 5, dimana saat ini mahasiswa
disuruh untuk mempublis beberapa tugas-tugas ke aplikasi blogger dalam bentuk
makalah maupun jurnal. Kita akan bisa memahami bagaimana sistem informasi dalam
dunia pendidikan yang baik dan benar dengan sering berdiskusi terkait isu-isu
pendidikan yang banyak di perbincangkan publik. Dan dari sini kita juga
mengatisipasi beberapa berita-berita yang bersifat hoax agar tidak di konsumsi
secara langsung oleh mahasiswa, penyaringan informasi ini bertujuan baik dan
membantu pihak instansi baik di rana media sosial maupun citra baik intansi
agar kedepan bisa lebih baik lagi sesuai dengan visi-misi instansi.
Mahasiswa di program studi manajemen
pendidikan islam juga mendapatkan bimbingan langsung dari dosen pengajar agar
bisa mengembangkan intelektual di rana IT yang sesuai dengan pedoman penulisan
instansi. Terkadang
mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam penulisan di beberapa blog maupun jurnal.
Latar belakang dan lingkungan beberapa mahasiswa juga mempengaruhi pola pikir
dari mahasiswa tersebut, tapi disini peran teman sebaya dan dosen juga sangat
berperan penting untuk meningkatkan skill maupun soft skill yang ada dalam diri
mahasiswa. Dan untuk menciptakan suatu karya tulis ilmiah yang baik juga ada
beberapa langkah yang harus dilalui oleh mahasiswa. Antara lain: mahasiswa
dituntut untuk menumbuhkan nalar literasi atau membaca, mahasiswa dituntut
untuk menumbuhkan nalar kritis dari beberapa literatur yang ada untuk dijadikan
bahan referensi yang mana nantinya dijadikan bahan-bahan tertulis dalam suatu
karya tulis ilmiah.
Disini juga muncul beberapa
pertanyaan yang terbesit di dalam benak mahasiswa. Apakah dosen yang tidak
terlalu memberikan pemahaman tentang mata kuliah lantas beliau memberikan
tugas-tugas yang bisa dikatakan sulit oleh beberapa mahasiswa? Pertanyaan yang
begitu menggelitik, tapi itulah realita yang terjadi di perkuliahan semester 5.
Dimana sang dosen jarang memberikan pemahaman terkait mata kuliah yang diajar
dengan metode yang sudah tertulis dalam pedoman mahasiswa, tapi malah seenaknya
saja, dengan alasan beliau sibuk dengan keadaan pribadinya. Peran dosen mata kuliah sistem
informasi manajemen pendidikan agar bisa memberikan karya yang baik bagi
pribadi, instansi dan lingkungannya.
Menurut
saya terkait pemahaman dari mata kuliah sistem informasi manajemen Pendidikan tidak
terlalu eksplisit dan juga tidak terrlalu paham dikarenakan peran dari dosen
yang saya anggap kurang dari proses belajar mengajar yang ada di dalam kelas,
dan disinilah letak problem yang dialami oleh beberapa mahasiswa program studi
manajemen Pendidikan islam. Tapi apakah kita sebagai mehasiswa harus diam dan
ikut semua dari intruksi-intruksi yang disampaikan secara lisan maupun
tertulis? Sedangkan mahasiswa juga memiliki hak atas mendapatkan peahaman dari
mata kuliah sistem informasi manajemen Pendidikan yang ada dalam semester 5 ini.
Solusi agar bisa mengembangkan kelas yang baik di mata kuliah sistem informasi
manajemen Pendidikan, yakni dengan proaktif antara dosen dan mahasiswa yang nantinya
menjadikan kultur yang baik di hubungan social. Dan juga nantinya bisa Bersama-sama
mengembangkan pengetahuan di media social masing-masing.
Tidak lupa ucapan terima kasih kepada dosen mata kuliah sistem informasi Pendidikan yang sudah memberikan sedikit tidak banyak dari bagaimana sistem informasi Pendidikan yang sesuai dengan pemikiran dan sesuai keinginannya.
2. Jika Anda Sebagai Pemimpin Lembaga,
Bagaimana Implementasi dan Evaluasi yang Akan Anda Lakukan Sesuai dengan Materi
Perkuliahan yang Anda Pilih?
Jika
saya menjadi pimpinan dalam Lembaga sedangkan didalamnya ada suatu proses
iplementasi dari proses evaluasi program kerja dari masing-masing stakeholder
yang ada di Lembaga tersebut. Seorang pemimpin menjadi figure dimana bagaimana pemimpin
mengkondisikan anggota-anggotanya agar bisa sesuai dengan standar operasional
personal yang sudah disepakati dari hasil rapat dengan beberapa stakeholder
yang ada. Proses evaluasi terkadang ada beberapa waku untuk mengevaluasi dari
program kerja yang dialukan stakeholder Lembaga Pendidikan. Gaya kepemimpinan
juga sangat bisa mempengaruhi bagaiamana anggota tersebut berperilaku di dalam Lembaga
Pendidikan.
Evaluasi
Lembaga Pendidikan yang dilakukan pemimpin bisa bervariasi tergantung yang mana
akan dievaluasi mulai dari 8 standar nasional Pendidikan. Dan pemimpin juga harus
punya strategi sendiri yang sesuai dengan lingkungan yang ada di Lembaga Pendidikan
yang nantinya bisa dilalui dengan mudah dan bisa mencapai tujuan Bersama. Dari soal
yang tertera pemimpin harus menerapkan cara yang bagaimana dan harus sesuai
dengan pengalaman dari kuliah pemimpin.
Disini
saya mengambil tentang kepemimpinan Pendidikan. Sebelum kita melangkah
pengampilan keputusan yang ditetapkan untuk kebijakan, pemimpin seharusnya
menganalisis keadaan sekitar terutama kepada stakeholder-stakeholder Lembaga Pendidikan.
Lalu munculkan kebijakan yang sesuai dan lakukan controlling atau pengawasan
dan bimbingan kepada stakeholder. Barulah akhir-akhir diadakan evaluasi yang
sesuai dengan tupoksi masing-masing, bertujuan untuk memperbaiki kinerja dari
stakeholder Lembaga Pendidikan yang sudah berjalan dan bisa mencapai tujuan dari
lembaga tersebut.

Komentar
Posting Komentar